Home / Flores & Lembata / Kominfo Flotim Selnggarakan Diklat Aplikasi Perkantoran

Kominfo Flotim Selnggarakan Diklat Aplikasi Perkantoran

25 Kali dibaca
Dok.Humas Flotim

Bagikan Halaman ini

TIMURNTT.COM.LARANTUKA.-Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Flores Timur menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Aplikasi Perkantoran (siMAYA), bertempat di aula Hotel Geo Permai Larantuka, Rabu, 25/09/2019. Bupati Flores Timur Antonius H. Gege Hadjon, ST, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Flores Timur, Mikhael Bulet Ruron, SH, M.Si, ketika membuka kegiatan pelatihan sumber daya manusia dalam bidang IT mengatakan kegiatan ini penting, karena selaras dengan kemajuan jaman dan teknologi , dalam kaitan dengan penerapan aplikasi perkantoran Maya (siMAYA).

Hadir pada kesempatan itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Flores Timur, Ir. Elisabeth Kendari Halan, Kepala Seksi Data dan Informasi Layanan Aplikasi Informatika Kemaritiman dan Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Ivan Syahreza; Staf Tata Usaha Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan pada Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Ika Kartika Taurussia dan peserta Bimtek dari OPD se – Kabupaten Flores Timur.

Lanjut Bupati Anton Hadjon, pelatihan Aplikasi siMAYA merupakan upaya Pemerintah Daerah dalam rangka mewujudkan Pemerintahan yang bersih ( Clean Government ) dan Kepemerintahan yang baik ( Goad Governace) . Dengan terbitnya UU Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik, UU nomor 11 tahun 2011 tentang Informasi dan trasaksi elektronik, Permen PAN dan RB nomor 80 tahun 2012 tentang Tata naskah dinas, serta surat edaran Menpan nomor 05 tahun 2013 tentang sistem informasi tata naskah dinas elektronik pada Instansi Pemerintah, maka sejak saat itu pula kita berada pada era digital.Karena itu tidak ada alasan bagi kita untuk tidak mengikuti irama perkembangan jaman, artinya selama kita menjadi ASN kita berkewajiban melayani masyarakat melalui penyajian data dan informasi secara cepat dan tepat.

BACA JUGA  Bupati Lounching Komunitas Nagi Bonsai

Dengan menggunakan sistem siMAYA ini akan lebih banyak memberikan manfaat yaitu selain alur birokrasi yang lebih cepat, arsip akan menjadi lebih aman serta penggunaan kertas menjadi tidak banyak. Selain itu mempermudah pengelolaan sistem administrasi perkantoran, mempercepat proses legalitas tanpa membatasi ruang dan waktu, memberikan kemudahan untuk pengambilan keputusan serta memberikan kemudahan untuk proses pengarsipan, dilain pihak aplikasi siMAYA ini memberikan keterbukaan atau transparansi informasi dalam proses pengelolaan data / dokumen, kata Bupati Anton Hadjon.
Ia berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan tekun dibarengi keseriusan sehingga dapat menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dalam melaksanakan tugas – tugas sebagai pengelola administrasi perkantoran di OPD masing – masing. Kabid Penyelenggaraan E – Government Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Flores Timur, Robertus Pulo, S.Kom, dalam laporan mengatakan dalam rangka meningkatkan efektifitas penyelenggaraan Pemerintah perlu ditunjang dengan pemanfaatan teknologi informasi berbasis digital yang mendukung produktivitas dan efisiensi dalam pencapaian Sumber Daya dalam bidang IT.

Hal ini merupakan salah satu upaya peningkatan dan pengembangan sumber daya aparatur dalam bidang komunikasi dan informasi. Adapun waktu pelaksanaan selama dua hari sejak tanggal 25 s/d. 26 September 2019 bertempat di Aula Hotel Geo Permai. Dengan peserta pelatihan Sumber Daya IT terdiri dari 19 Kecamatan se- Kabupaten Flores Timur, dan bagian Setda Kabupaten Flores Timur. Sementara naras umber dalam pelatihan ini dua orang pejabat struktural dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.(kerjasama humas fflotim)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini